Selamat Datang di Blog Serba-Serbi Knowledge Management

"Serba-serbi Knowledge Management adalah wadah informasi mengenai knowledge management yang sedang berkembang saat ini di Indonesia. Menyajikan teknik-teknik knowledge sharing dan membangun budaya learning organization yang benar. Cocok bagi mahasiswa, calon karyawan dan pemimpin perusahaan."

26 Jul 2010

Manfaat Knowledge Management Dalam Sebuah Organisasi



Ada beberapa manfaat knowledge management dalam perusahaan, diantaranya adalah:

  • Meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan: Artinya dengan jelas bahwa setiap keputusan diambil atas dasar informasi dan pengalaman yang ditinjau dari berbagai aspek. Contoh: knowledge sharing yang selalu membahas dinamika pasar dan tuntutan kebutuhan pelanggan, membuat perusahaan selalu berorientasi untuk menjual apa yang benar-benar disukai oleh pasar.
  • Meningkatkan respon terhadap pelanggan: Selanjutnya, orientasi dan respon terhadap pelanggan tidak lagi hanya menjadi tanggung jawab pemasaran dan customer service, namun menjadi nafas seluruh organisasi.
  • Meningkatkan jumlah produk atau jasa dan meningkatkan kemampuan dalam berinovasi: Selain itu produk dan jasa yang melebihi harapan pelanggan dapat lebih mudah dan cepat untuk diciptakan. Maka dari itulah timbul sebuah inovasi. Inovasi tidak lagi hanya tanggung jawab bagian penelitian dan pengembangan, melainkan semua orang atau kelompok dalam organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku Cinta Indonesia