Selamat Datang di Blog Serba-Serbi Knowledge Management

"Serba-serbi Knowledge Management adalah wadah informasi mengenai knowledge management yang sedang berkembang saat ini di Indonesia. Menyajikan teknik-teknik knowledge sharing dan membangun budaya learning organization yang benar. Cocok bagi mahasiswa, calon karyawan dan pemimpin perusahaan."

20 Jul 2010

Data atau Informasi? Knowledge!

Setelah kita mengetahui secara singkat kenapa knowledge management? Saya akan membawa anda masuk lebih dalam lagi untuk mengerti apa itu knowledge management. Tapi sebaiknya sebelum saya membawa lebih dalam lagi, saya akan menjelaskan apa perbedaan antara data, informasi dan knowledge.

Data adalah fakta atau observasi mentah, yang biasanya berkenaan dengan fenomena fisik atau transaksi di dalam bisnis. Lebih rincinya, data merupakan pengukuran obyektif dari atribut (karakteristik) dari entitas (seperti: manusia, tempat, barang, dan kejadian).

Data juga dapat diartikan sebagai fakta mentah mengenai orang, tempat, kejadian dan hal-hal yang penting dalam organisasi/perusahaan. Setiap fakta, dengan sendirinya, secara relatif tidak ada artinya.

Sedangkan Informasi adalah data yang telah diproses atau di organisasi ulang menjadi bentuk yang berarti. Informasi dibentuk dari kombinasi data yang diharapkan memiliki arti ke penerima informasi tersebut. Informasi juga bisa diartikan sebagai data yang telah diubah menjadi konteks yang berarti dan berguna bagi user tertentu.

Dari pengertian data dan informasi diatas maka dapat dilihat bahwa terjadi konversi yang menghubungkan inti dari data dan informasi tersebut. Bagaimana dengan knowledge?

Knowledge adalah gabungan dari proses mengenali sesuatu berdasarkan pengalaman dan ketrampilan individu (keahlian) dalam menyelesaikan masalah. Knowledge didasarkan pada data dan informasi, tetapi tidak seperti data dan informasi, knowledge selalu terikat kepada seseorang yang memiliki knowledge tersebut.

Knowledge juga berarti data dan informasi yang digabung dengan kemampuan, intuisi, pengalaman, gagasan, motivasi dari sumber yang kompeten. Sumber knowledge bisa berupa banyak bentuk, contoh: koran, majalah, email, e-artikel, blog, e-book, kartu nama, iklan dan tentu saja manusia itu sendiri.

"Knowledge merupakan suatu kepercayaan yang dapat dipertanggung jawabkan (justified true believe). Knowledge merupakan sesuatu yang eksplisit (tertulis) sekaligus yang terpikirkan (tacit)."
Knowledge pada intinya berisi informasi yang telah diorganisasikan dan diproses untuk memberikan pengertian, pengalaman, pembelajaran lebih lanjut dan keahlian sebagaimana digunakan untuk menghadapi sebuah masalah di dalam proses bisnis tertentu.

1 komentar:

  1. Nice post,

    Definisi Knowledge memang sangat beragam, dan salah satu yang sering saya gunakan :
    "Knowledge is action, everything else is just information", Einstain.

    Terkadang justru banyak memunculkan conflik dari definisi tsb, karena yg bisa dikatakan knowledge adalah semua informasi yang di orgenize dan di implementasikan untuk suatu tujuan yang telah ditetapkan. Pengalaman tsb dianggap sebagai suatu proses validasi yang menetapkan informasi berubah menjadi knowledge.

    Namun bagi seorang mahasiswa semua hasil belajar bisa dikatakan sebagai knowledge walaupun belum pernah melakukan proses validasi.

    Namun bagi profesional, apa yang baru dipelajari dan diketahui baru dianggap hanya sekedar informasi, dan berubah menjadi knowledge setelah melalui proses validasi dengan tacit ataupun explicitnya.

    demikian, sedikit share dari saya...
    regards
    -ace-

    BalasHapus

Aku Cinta Indonesia