Selamat Datang di Blog Serba-Serbi Knowledge Management

"Serba-serbi Knowledge Management adalah wadah informasi mengenai knowledge management yang sedang berkembang saat ini di Indonesia. Menyajikan teknik-teknik knowledge sharing dan membangun budaya learning organization yang benar. Cocok bagi mahasiswa, calon karyawan dan pemimpin perusahaan."

20 Jul 2010

Tipe-Tipe Knowledge

Setelah kita mengetahui apa itu knowledge, pembahasan selanjutnya saya akan menjelaskan 2 macam tipe knowledge. Secara umum ada 2 macam tipe knowledge, yaitu knowledge tacit dan knowledge explicit. Knowledge tacit secara harafiah dapat diartikan sebagai pengetahuan yang tersimpan di otak manusia. Sedangkan knoweldge explicit bisa diartikan secara harafiah sebagai pengetahuan yang telah didokumentasikan kedalam bentuk tulisan.

Berikut ini penjelasan detail mengenai tipe-tipe knowlegde:

Knowledge Tacit adalah knowledge yang sebagian besar berada di dalam sebuah organisasi. Tacit knowledge adalah sesuatu yang diketahui dan dialami, namun sulit untuk diungkapkan secara jelas dan lengkap.

Knowledge tacit juga bisa diartikan sebagai knowledge yang terletak di mind/otak atau melekat dalam diri seseorang yang diperolehnya melalui pengalaman, gagasan, ide, persepsi serta keahlian dalam pekerjaannya.

Knowledge explicit adalah knowledge yang sudah direkam dan didokumentasikan sehingga lebih mudah didistribusikan dan dikelola.

Knowledge explicit juga bisa diartikan sebagai pengetahuan dan pengalaman tentang "bagaimana untuk", yang diuraikan secara lugas dan sistematis. Contoh konkritnya adalah buku petunjuk pengoperasian sebuah mesin atau penjelasan yang diberikan oleh instruktur dalam sebuah program pelatihan.

1 komentar:

  1. Mungkin sebaiknya disambung dengan tulisan mengenai tingkatan atau level of knowledge yang terdiri dari :
    1. Core Knowledge
    2. Advance Knowledge
    3. Innovative Knowledge

    BalasHapus

Aku Cinta Indonesia