Selamat Datang di Blog Serba-Serbi Knowledge Management

"Serba-serbi Knowledge Management adalah wadah informasi mengenai knowledge management yang sedang berkembang saat ini di Indonesia. Menyajikan teknik-teknik knowledge sharing dan membangun budaya learning organization yang benar. Cocok bagi mahasiswa, calon karyawan dan pemimpin perusahaan."

20 Jul 2010

Jadi, Apa Itu Knowledge Management?


Sudah tau latar belakang KM?Sudah tau apa itu knowledge serta tipe-tipe knowledge? Nah, sekarang kita akan mulai masuk kepada pembahasan utama yaitu membahas mengenai apa itu knowledge management? Knowledge management itu luas sekali, tapi jangan kawatir, saya akan mencoba membantu anda menjelaskan lebih dalam lagi tentang knowledge management. Sebelum masuk lebih dalam lagi, sekarang saatnya bagi saya untuk menjelaskan definisi knowledge management itu sendiri.

Knowledge Management (KM) adalah mekanisme dan proses terpadu dalam penyimpanan, pemeliharaan, pengorganisasian informasi bisnis dan pekerjaan yang berhubungan dengan penciptaan berbagai informasi menjadi asset intelektual organisasi yang permanen.

Knowledge Management merupakan sistem yang dibuat untuk menciptakan, mendokumentasikan, menggolongkan, dan menebarkan knowledge dalam organisasi. Sehingga, knowledge mudah digunakan kapanpun diperlukan, oleh siapa saja sesuai dengan tingkat otoritas dan kompetensinya.

Knowledge Management bisa diartikan juga sebagai suatu pendekatan sistematik untuk mengelola asset intelektual dan informasi lain sehingga memberikan keunggulan bersaing bagi perusahaan.

Arti lain mengenai Knowledge Management yaitu metoda mensimplifikasi dan meningkatkan proses membagi, mendistribusi, menciptakan, menangkap dan memahami knowledge di dalam perusahaan.

Ada yang mengartikan Knowledge Management adalah merencanakan, mengumpulkan dan mengorganisir, memimpin dan mengendalikan data dan informasi yang telah digabung dengan berbagai bentuk pemikiran dan analisis dari macam-macam sumber yang kompeten.

Pada intinya Knowledge Management adalah proses menyaring knowledge, menyimpan knowledge, mendistribusikan knowledge, dan meng-update knowledge yang ada di dalam sebuah organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku Cinta Indonesia