Selamat Datang di Blog Serba-Serbi Knowledge Management

"Serba-serbi Knowledge Management adalah wadah informasi mengenai knowledge management yang sedang berkembang saat ini di Indonesia. Menyajikan teknik-teknik knowledge sharing dan membangun budaya learning organization yang benar. Cocok bagi mahasiswa, calon karyawan dan pemimpin perusahaan."

23 Jul 2010

How to Identification a Knowledge


Identifikasi knowledge dibagi menjadi 3 tahap, yaitu structural knowledge merupakan explicit knowledge dan sudah terdokumentasi dalam bentuk kertas (hard copy) maupun secara digital (soft copy). Structural knowledge yang ada dalam perusahaan yaitu hal-hal yang terkait dalam struktur organisasi seperti job description dan proses bisnis.

Functional knowledge bertujuan untuk mengidentifikasi knowledge yang ada di diri seseorang (karyawan), yaitu melalui fungsi-fungsi pekerjaan tiap karyawannya. Functional knowledge yang bersifat tacit harus di explicit atau di dokumentasikan, sedangkan knowledge yang bersifat explicit harus berada pada satu aplikasi yang sama, sehingga memudahkan karyawan dalam mengakses dan menggunakan knowledge tersebut untuk diimplementasikan dalam proses kerja.

Behavioral knowledge ditujukan untuk mengidentifikasi tata cara dalam membagi atau mendistribusikan knowledge dari individu ke karyawan lain, yang biasanya diperoleh melalui diskusi antar karyawannya. Knowledge yang bersifat behavioral, biasanya telah menjadi kebiasaan dan membudaya di perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku Cinta Indonesia