Sekarang kalau sudah tau apa itu knowledge management dan bagaimana cara sharing knowledge-nya langkah apa lagi yang harus kita lakukan? Define a Knowledge Goal! Di dalam merencanakan sesuatu, diperlukan sebuah aktivitas untuk melakukan sejauh mana proses pembelajaran dalam sebuah organisasi dinilai berhasil.
Di dalam tahap ini digolongkan tujuan knowledge skill apa saja yang akan dibangun, dan pada level mana knowledge ini akan didistribusikan.
Knowledge Goal dibagi menjadi 3 bagian, antara lain:
- Normative Knowledge Goal: Normative Knowledge Goal ditujukan untuk menciptakan kesadaran akan budaya sebuah organisasi di mana, keahlian dari setiap individu akan dibagi dan dikembangkan.
- Strategic Knowledge Goal: Strategic Knowledge Goal mendefinisikan inti knowledge (core knowledge) dalam sebuah organisasi dan menspesifikan keahlian-keahlian apa saja yang nantinya dibutuhkan di masa mendatang.
- Operational Knowledge Goal: Operational Knowledge Goal difokuskan dengan tahap pengimplementasian dari KM, dalam operational knowledge goal ini normative dan strategic goals dirubah ke dalam tujuan yang lebih konkrit.
Normative Knowledge Goal:
- Meningkatkan budaya knowledge sharing pada seluruh karyawan dengan maksud agar penyebaran knowledge merata ke seluruh bagian.
- Membangun budaya self learning diantara karyawan untuk menumbuhkan ide-ide baru dan menghasilkan inovasi bagi perusahaan
Strategic Knowledge Goal:
- Menyediakan sarana untuk mendokumentasikan informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh karyawan.
- Meningkatkan kemampuan karyawan dengan memberikan pengetahuan yang dibutuhkan.
- Menyediakan sarana untuk menyaring, menyimpan, mendistribusikan dan mengupdate knowledge dan informasi kepada karyawan secara menyeluruh.
Operational Knowledge Goal:
- Memfasilitasi penyimpanan knowledge yang telah tersedia dengan dukungan teknologi agar dapat memberikan kemudahan pada karyawan dalam memanfaatkan knowledge tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar