Selamat Datang di Blog Serba-Serbi Knowledge Management

"Serba-serbi Knowledge Management adalah wadah informasi mengenai knowledge management yang sedang berkembang saat ini di Indonesia. Menyajikan teknik-teknik knowledge sharing dan membangun budaya learning organization yang benar. Cocok bagi mahasiswa, calon karyawan dan pemimpin perusahaan."

21 Jul 2010

Knowledge Goal: Pengukuran Proses Pembelajaran

Sekarang kalau sudah tau apa itu knowledge management dan bagaimana cara sharing knowledge-nya langkah apa lagi yang harus kita lakukan? Define a Knowledge Goal! Di dalam merencanakan sesuatu, diperlukan sebuah aktivitas untuk melakukan sejauh mana proses pembelajaran dalam sebuah organisasi dinilai berhasil.

Di dalam tahap ini digolongkan tujuan knowledge skill apa saja yang akan dibangun, dan pada level mana knowledge ini akan didistribusikan.

Knowledge Goal dibagi menjadi 3 bagian, antara lain:

  • Normative Knowledge Goal: Normative Knowledge Goal ditujukan untuk menciptakan kesadaran akan budaya sebuah organisasi di mana, keahlian dari setiap individu akan dibagi dan dikembangkan.
  • Strategic Knowledge Goal: Strategic Knowledge Goal mendefinisikan inti knowledge (core knowledge) dalam sebuah organisasi dan menspesifikan keahlian-keahlian apa saja yang nantinya dibutuhkan di masa mendatang.
  • Operational Knowledge Goal: Operational Knowledge Goal difokuskan dengan tahap pengimplementasian dari KM, dalam operational knowledge goal ini normative dan strategic goals dirubah ke dalam tujuan yang lebih konkrit.
Berikut ini saya mencoba menjelaskan beberapa contoh dari knowledge goal yang bisa diterapkan:

Normative Knowledge Goal:
  1. Meningkatkan budaya knowledge sharing pada seluruh karyawan dengan maksud agar penyebaran knowledge merata ke seluruh bagian.
  2. Membangun budaya self learning diantara karyawan untuk menumbuhkan ide-ide baru dan menghasilkan inovasi bagi perusahaan
Pada contoh Normative Knowledge Goal diatas terdapat point 1 dan 2. Tujuan dari point tersebut bersifat perintah atau anjuran pemimpin sebuah organisasi kepada karyawannya untuk menciptakan budaya bertukar knowledge dan pembelajaran individu.

Strategic Knowledge Goal:
  1. Menyediakan sarana untuk mendokumentasikan informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh karyawan.
  2. Meningkatkan kemampuan karyawan dengan memberikan pengetahuan yang dibutuhkan.
  3. Menyediakan sarana untuk menyaring, menyimpan, mendistribusikan dan mengupdate knowledge dan informasi kepada karyawan secara menyeluruh.
Pada point Strategic Knowledge Goal sudah menjelaskan secara umum alat yang digunakan untuk mendukung terciptanya budaya knowledge sharing antar karyawan. Point 1 dan 3 sangat jelas isinya tentang alat yang digunakan, sedangkan pada point 2 merupakan langkah perusahaan untuk ikut andil dengan membagi knowledge yang dimiliki oleh perusahaan.

Operational Knowledge Goal:
  1. Memfasilitasi penyimpanan knowledge yang telah tersedia dengan dukungan teknologi agar dapat memberikan kemudahan pada karyawan dalam memanfaatkan knowledge tersebut.
Pada point Operational Knowledge Goal diatas perusahaan menjelaskan bahwa aktifitas knowledge sharing didukung dengan teknologi sehingga pada kegiatannya menjadi lebih mudah untuk dilakukan oleh para karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku Cinta Indonesia