Selamat Datang di Blog Serba-Serbi Knowledge Management

"Serba-serbi Knowledge Management adalah wadah informasi mengenai knowledge management yang sedang berkembang saat ini di Indonesia. Menyajikan teknik-teknik knowledge sharing dan membangun budaya learning organization yang benar. Cocok bagi mahasiswa, calon karyawan dan pemimpin perusahaan."

26 Jul 2010

Apa sih Learning Organization Itu?

Learning organization sangat berkaitan erat dengan upaya mencari jawaban bagaimana organisasi mengantisipasi perubahan lingkungan yang sangat capat agar bisa bertahan dan tampil sebagai pemimpin di bidangnya. Perusahaan yang terkait dalam suatu jaringan bisnis global akan beroperasi di dalam suatu lingkungan bisnis yang kompleks, penuh ketidakpastian, dan berubah secara terus menerus. Perusahaan perlu terus beradaptasi dengan lingkungannya. Untuk dapat memelihara posisi kompetitifnya, perusahaan perlu memberikan pelayanan yang terbaik dengan kandungan intelektual yang makin tinggi kepada lingkungan bisnisnya. Hal ini hanya mungkin terwujud bila perusahaan itu sendiri mau terus menerus belajar dan memperbaharui diri sendiri.

Perusahaan tersebut perlu menjadi learning organization, yaitu organisasi yang sangat adaptif dan responsif terhadap lingkungan eksternalnya, sekaligus kuat dalam integrasi internalnya.

Learning organization adalah suatu proses dimana anggota organisasi mendeteksi berbagai kesalahan, kemudian mengoreksinya melalui berbagai tindakan dan atau restrukturisasi organisasi.

Learning organization membutuhkan komitmen pada organisasi dan perlu menghilangkan tiga penghalang belajar, yaitu berpikir fragmentik, kompetitif, dan reaktif melalui perubahan cara berpikir dengan cara memiliki knowledge yang meyeluruh, memiliki peran penting dalam komunitasnya dan memiliki kemampuan bahasa untuk menjelaskan dan menerima perbedaan pendapat sehingga mampu mengubah sikap reaktif menjadi kreatif.

Learning organization adalah proses transformasi dari belajar individu menjadi belajar organisasional secara siklikal melalui kombinasi antara siklus belajar individual dengan konsep model mental sebagai mekanisme transfer knowledge.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku Cinta Indonesia